Sunday, April 5, 2020

FAKTOR MANUSIA DI DALAM KOMPUTER (IMK) | #Makalah


MAKALAH
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
FAKTOR MANUSIA





DISUSUN OLEH:
1.      ARIFF MUSTAFA     (1911050002)
2.      REZA PRANATA     (1911050006)



INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA
BANDAR LAMPUNG
2019/2020



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadiran tuhan yang maha esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik  dan hidayatnya lah kami dapat menyelesaikan masalah interaksi manusia dan komputer di kampus ini sebatas pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki. Dan juga kami bertrima kasih pada dosen kami yang telah memberikan tugas ini kepada kami dan teman-teman yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini.

Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawadan serta pengetahuan kita mengenai interaksi manusia dan komputer.
Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan dan jauh dari sempurna. Untuk itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan dating.

                                                                                                        Bandar lampung, 6 april 2020
                                                                                                        Penulis,

  

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ...……………………………………………………….ii
DAFTAR ISI ………………………………………………………………….iii
BAB I …………………………………………………………………………..1
PENDAHULUAN ……………………………………………………………..1
1.1 Latar Belakang ……………………………………………………………..1
1.2 Rumusan Masalah ………………..………………………………………...1  
BAB II  …………………………………………………………………………2
2.1 Faktor Manusia  ………………….…………………………………………2
2.3.1 Pengliahatan   …………………………………………………………….2
2.3.2 Pendengaran  ……………………………………………………………..3
2.3.3 Sentuhan  …………………………………………………………………3
2.3.4 Permodelan sistem pengolahan  ………………………………………….3
BAB III  ………………………………………………………………………..4
PENUTUP   ……………………………………………………………………4
3.1 Kesimpulan  ………………………………………………….....………….4
DAFTAR PUSTAKA  ………………………….………………………………4


  
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang
Komputer merupakan suatu alat pemprosessan data yang kompleks yang terdiri hari hardware dan software. Komputer digunakan untuk memudahkan manusia mengerjakan berbagai hal seperti perhitungan ataupun hal-hal yang lainnya. Komputer zaman dahulu mungkin hanya bisa mengerjakan hal-hal yang sederhana saja namun berjalannya waktu, teknologi pun semakin maju dan pesat sehingga komputer sekarang dapat membantu manusia dalam mengerjakan hal-hal yang rumit sekalipun.
Komputer kontemporer adalah mesin hitung elektronik cepat yang menerima informasi input terdigitalisasi, mengolahnya sesuai dengan daftar instruksi yang tersimpan secara internal dan memberikan informasi output hasil. Daftar instruksi itu disebut program komputer, dan penyimpanan internalnya disebut memori komputer.
1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan judul makalah yang kami buat ini, maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah apa saja faktor pada manusia dalam melakukan interaksi dengan komputer?



BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Faktor Manusia
Faktor yang paling penting dalam interaksi manusia dan komputer adalah Manusia. Karena manusia sebagai pembuat dan pengguna sangatlah di utamankan. Faktor manusia dapat dipandang sebagai sistem pemroses informasi:
1. informasi diterima dan ditanggapi melalui saluran input-output (indera)
2. informasi disimpan dalam ingatan (memori)
3. informasi diproses dan diaplikasikan dalam berbagai cara
Ada beberapa aspek faktor manusia dalam melakukan interaksi dengan komputer diantaranya adalah sebagai berikut :

2.1.1 Penglihatan
Mata memiliki fungsi menghasilkan persepsi yang terorganisisr akan Gerakan,ukuran, bentuk, jarak, posisi relative, tekstur, dan warna.
Dalam system komputer mata kita dipaksa untuk dapat mengerti objek pada layar tampilan sebagai 3D.

-          Luminan
Luminans adalah banyaknya cahaya yang dipantulkan permukaan objek. Semakin besar luminans dari sebuah objek, rincian objek yang dapat dilihat oleh mata juga akan semakin bertambah.
-          Kontras
Kontras adalah hubungan antara cahaya yang dikeluarkan oleh suatu objek dan cahaya dari latar belakang objek tersebut.
-          Kecerahan
Kecerahan adalah tanggapan subyektif terhadap cahaya
-          Sudut dan ketejaman penglihatan
Sudut penglihatan (visual angle) adalah sudut yang berhadapan oleh objek pada mata. Sudut penglihatan ini mengindikasikan seberapa banyak area dari pandangan objek yang tertangkap (berhubungan dengan ukuran dan jarak dari mata).
-          Medan penglihatan
Medan penglihatan adalah sudut yang dibentuk ketika mata bergerak kekiri terjauh dan kekanan terjauh. Medan penglihatan dibagi empat daerah yaitu :
o   1.      Penglihatan binokulerDaerah dimana kedua mata mampu melihat sebuah obyek dalam keadaan yang sama.
o   2.      Penglihatan monokuler kiriDaerah dimana mata kiri dapat bergerak ke sudut paling kiri.
o   3.      Penglihatan monokuler kananDaerah dimana mata kanan dapat bergerak ke sudut paling kanan.
o   4.      Daerah butaDaerah yang tidak dapat dilihat oleh kedua mata.
-          Warna
Warna adalah hasil dari cahaya yang terbentuk dari hue (corak), intensity (intensitas) dan saturation (kejenuhan atau jumlah putih pada warna). Seseorang yang mempunyai penglihatan warna normal mampu membedakan kira- kira 128 warna yang berbeda.

2.1.2  Pendengaran
Pendengaran berkaitan dengan suara dan telinga kita. Maksud dari suara yaitu suara yang dihasilkan oleh komputer.
Kebanyakan manusia dapat mendeteksi suara dalam kisaran frekuensi 20 heatz s/d 20 kheartz.
Selain frekuensi , suara juga dapat bervariasi dalam hal kebisingan, dinyatakan dengan satu dB.

2.1.3 Sentuhan
Sentuhan berkaitan dengan kulit manusia yang berfungsi untuk mengenali lingkungan manusia melalui rabaan. Sentuhan memberikan umpan balik atas lingkungan dan juga indra kunci bagi mereka yang mempunyai kekurangan pada penglihatan.


2.1.4 Pemodelan Sistem Pengolahan
Manusia dalam interaksi manusia dan komputer dipandang sebagai sistem pemroses informasi:
-           Informasi diterima dan ditanggapi melalui saluran input-output (indera)
-          Informasi disimpan dalam ingatan (memori)
-          Informasi diproses dan diaplikasikan dalam berbagai cara
Sistem pemrosesan manusia merupakan sistem yang sangat kompleks, sulit dimengerti dan tidak bisa diukur secara akurat atau disajikan secara utuh dalam suatu pemodelan. Pendekatan pemodelan dapat disajikan dan berisi 3 (tiga) bagian yaitu pemrosesan persepsi (perceptual processing), pemrosesan intelektual atau kognitif (intelectual or cognitive processing), dan kontrol motorik (motor control) yang ketiganya berhubungan dengan memori manusia.

Proses pengolahan ini juga melibatkan memori manusia yang berfungsi sebagai tempat
penyaringan (sensor), tempat memproses ingatan (memori jangka pendek) dan memori jangka panjang.
Memori penyaring (sensor) sebagai tempat penyimpanan sementara untuk menerima rangsangan dari indera. Memori penyaring ini terdiri dari 3 saluran penyaring :
·         Iconic , berfungsi menerima rangsang penglihatan (visual)
·         Echoic, berfungsi menerima rangsang suara
·         Haptic, berfungsi menerima rangsang sentuhan
Isi memori penyaring ini selalu diperbaharui setiap kali ada rangsang yang masuk, contoh : kita dapat mengetahui perubahan letak jari tangan kita yang digerakkan di depan mata kita.
Memori jangka pendek sebagai tempat menyimpan informasi sementara yang hanya dibutuhkan sesaat.
Memori jangka panjang sebagai merupakan tempat menyimpan informasi dalam jangka waktu yang lama, seperti tempat menyimpan seluruh pengetahuan, fakta informasi, pengalaman, urutan perilaku dan segala sesuatu yang diketahui.



BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
System komputer terdiri dari 3 aspek yaitu perangkat keras, perangkat lunak dan manusia. Ketiga aspek ini harus saling bekerja sama agar system komputer dapat bekerja dengan sempurna. Untuk  dapat merancang sebuah system interaksi manusia dan komputer yang lebih baik perancang tidak saja harus mengtahui aspek yeknis dari system komputer tetapi juga harus mengerti bagaimana manusia dapat mengolah dan menerima informasi dari komputer tersebut.


DAFTAR PUSTAKA


Load disqus comments

0 komentar